Senin, 16 Oktober 2017

konfigurasi VPN PPTP pada Mikrotik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A. Pengertian
     VPN (Virtual Private Network) adalah  pembuatan jalur yang mengandalkan koneksi internet lain agar dapat terhubung ke mikrotik tanpa jaringan sendiri / menggunakan jaringan tetangga (lain) .
     PPTP (Point to Point Tunnel Protocol) adalah service yang terdapat pada router , PPTP terdiri atas server dan client.

B. Latar Belakang
     Pembuatan VPN saya lakukan karena adanya kendala untuk meremote server saya yaitu jaringan ke server saya putus-putus.

C. Alat dan Bahan
 1. Laptop
 2. jaringan untuk dibuat terowongan (tunnel)
 3. server
 4. Router

D. Maksud dan Tujuan
     Agar dapat mengimplementasikan VPN secara baik dan benar.

E. Waktu yang dibutuhkan
     15 menit

F. Langkah Kerja
 1. Masuk pada winbox mikrotik

 2. Masuk pada menu PPP ,lalu masuk ke interface PPTP SERVER dan enable kan dan ceklist seperti gambar berikut

Apply lalu OK

 3. Masih pada PPP masuk menu profile, lalu buat nama , local ip , remote address. contoh seperti gambar berikut

 4. Pindah ke menu secret  (masih pada PPP) ,setting nama , password, service, dan profile (profile yang dibuat tadi ) . contoh gambar berikut

 5. Setelah Selesai, sekarang setting network VPN PPTP pada laptop, masuk network setting , add (tambah) , pilih PPTP lalu create , contoh gambar berikut


 6. Kita coba masuk wifi lain ( disini saya menggunakan wifi rekan saya milik SMK Weleri ) dan konek kan VPN yang terbuat tadi


G. Kesimpulan
      VPN dapat menghubungkan saya ke server dengan koneksi lain dan Saya dapat meremote server saya lebih lancar dari pada sebelumnya.

H. Referensi
 http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43
Arif dan Dhona

Sekian Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi DNS SERVER

NAMA            :   Ibnu Aji Bagus Purnama KELAS            :   XI TKJ 2 MAPEL           :   SISTEM OPERASI JARINGAN KONFIGU...