Sabtu, 09 September 2017

firewall Block Situs menggunakan Layer 7 Protocol

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Image result for mikrotik

A. JUDUL/NAMA KEGIATAN
    BLOKIR SITUS MENGGUNAKAN LAYER 7 PROTOKOL

B. PENDAHULUAN


  1. PENGERTIAN : Layer 7 Protokol adalah  metode pencarian pola terhadap paket data yang melewati jalur ICMP,TCP dan UDP. L7 matcher mengumpulkan 10 paket pertama dari koneksi atau 2KB koneksi pertama dan mencari pola data yang dikumpulkan. Jika pola ini tidak ditemukan dalam data yang dikumpulkan, matcher berhenti memeriksa lebih lanjut. memori yang dialokasikan dibebaskan dan protokol dianggap sebagai tidak dikenal . Anda harus mempertimbangkan bahwa banyak koneksi secara signifikan akan meningkatkan penggunaan resource CPU dan memory . Untuk menghindari hal ini, tambahkan matchers firewall yang teratur untuk mengurangi jumlah data yang dikirimkan ke filter Layer-7 secara berulang-ulang. 
  2. LATARBELAKANG DAN BATASAN MASALAH : Latar belakang masalah saya adalah saya ingin memblokir situs yang tidak seharusnya dibuka pada saat pembelajaran dilaksanakan. Dan saya akan memblokir satu situs dulu.
  3. MAKSUD DAN TUJUAN : Disini saya akan memblokir situs untuk menghindari penggunaan bandwidth yang terlalu banyak.
  4. HASIL YANG DIHARAPKAN : Saya harap pemblokiran ini dapat saya terapkan di jaringan sekolah saya.
C. ALAT DAN BAHAN
     PC
     MIKROTIK
     KABEL UTP
     KONEKSI INTERNET

D. JANGKA WAKTU/ PELAKSANAAN KEGIATAN
    Hari Senin, 11 September 2017, saya dalam melakukan konfigurasi ini membutuhkan waktu kisaran 15 menit itupun termasuk saya mengulang dan mencoba-coba lagi.

E. PROSES DAN TAHAPAN PEKERJAAN
    
1. Pertama kita buka terlebih dahulu winbox, pastikan mikrotik sudah menyala dan kabel utp sudah tertancap dan mikrotik sudah terkoneksi ke internet.

2. Masuk kemenu IP>lalu Firewall


3. Lalu klik menu Layer 7 Protocols> lalu add/+

4. Lalu kita masukkan skrip seperti ini ^.+(situs yang ingin di blok).*$ contoh " ^.+(facebook.com).*$   sebelumya kita masukkan dulu nama dulu.


5. Lalu kita beralih ke menu filter rules >add /+
     lalu kita isikian chain= forward(karena kita akan memblokir situs)
     untuk src. address= itu kita bisa isi kan alamat ip client yang ingin kita blok situsnya, kalau tidak diiisi juga boleh.


6. Lalu kita ke menu Advanced 
    Pada layer 7 protokol kita isikan yang sudah kita buat tadi.


7. Lalu kita berlaik ke menu action
    lalu pilih yang drop


8. Jika sudah selesai mengkonfigurasi kita cek sekarang.
jika masih muter-muter/loading itu tandanya berhasil. kalau anda masih  bisa masuk ke facebook berarti ini ada salah konfigurasinya.




F. HASIL YANG DIDAPATKAN
  Kali ini saya dapat membuat client tidak bisa mengakses situs yang saya sudah blog tadi, jadi ini nanti bisa saya terapkan disekolah agar teman-teman saya tidak membuka situs-situs lain saat pemmbelajaran dilaksanakan.

G. TEMUAN MASALAH
    Untuk saat ini saya belum ada masalah karena di Layer 7 Protokol ini cukup mudah.

H. KESIMPULAN
    Jadi dalam blok situs ini nantinya kita dapat mengemat bandwidht apabila situs atau alamat yang kita blok ini ketika dibuka membutuhhkan bandwidht yang banyak. 

I. REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA
   Pada saat ini saya menggunakan panduan di Mikrotikindo.blospot.co.id, dan modul MTCNA

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi DNS SERVER

NAMA            :   Ibnu Aji Bagus Purnama KELAS            :   XI TKJ 2 MAPEL           :   SISTEM OPERASI JARINGAN KONFIGU...