Senin, 28 Agustus 2017

Dekstop Environment ( DE )

ASSALAMUALAIKUM WR.WB


 Related image

KALI INI SAYA AKAN MEMMBAHAS TENTANG DESKTOP ENVIRONMENT.

A. Judul/Nama Kegiatan

    DESKTOP ENVIRONMENTS (DE) Bersama Mbah Suro


B. PENDAHULUAN

  1. Pengertian : Pada komputer, sebuah lingkungan desktop atau yang dalam bahasa inggris itu Desktop Environment (DE), umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI= Graphical USer Interface) yang memperlihatkan kiasan dekstop di layar komputer modern. Lingkungan Desktop adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (CLI) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.
  2. Latar Belakang dan Batasan masalah : Latar belakang saya disini adalah memberikan kita sebuah referensi atau tutorial untuk mengganti tampilan dekstop kita, misalkan kita memiliki os linux mint tentunya nanti tampilan desktopnya akan linux mint, tetapi kita bisa menggantinya dengan desktop dari lain.
  3. Maksud dan Tujuan : Tujuan saya disini adalah dapat memami tentang Desktop Environment.
  4. Hasil yang DIharapkan : Dapat mengerti dan paham tentang DE
C. Alat dan Bahan

    PC
    Koneksi Internet

D. Jangka Waktu/ Pelaksanaan Kegiatan

    Hari Senin,28 Agustus 2017, dalam mempelajari ini kisaran 3 jam.

E. Proses dan Tahap Pekerjaan

 





Sejarah :
Apple inc adalah pengembang Sistem Operasi pertama yang menyediakan lingkungan desktop pada komputer pribadi, yaitu di Apple Lisa. Namun lingkungan desktop pertama dibuat oleh Xerox, dan telah dijual dalam Xerox Alto pada tahun 1970-an. Alto sebenarnya dimaksudkan oleh Xerox untuk menjadi komputer kantor pribadi, tetapi gagal di pasar karena buruknya pemasaran dan harga yang sangat tinggi.
Saat ini, hampir semua komputer pribadi sudah diprapasang dengan sistem operasi yang menyediakan sebuah lingkungan desktop. Umumnya, komputer-komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS yang memiliki lingkungan desktop yang relatif tak dapat diubah-ubah.
Lingkungan desktop lainnya yang semakin populer , adalah yang diperuntukkan bagi sistem operasi Linux (atau keluarga Unix lainnya) yang menggunakan X Windows System termasuk KDE,GNOME, Xfce danCommon Desktop Environment (CDE)
Sejumlah lingkungan desktop lain juga ada, termasuk (namun tidak terbatas pada): Aston, Equinox Desktop Environment (EDE) Graphical Environment Manager (GEM), IRIX Interactive Desktop, Java Desktop System (JDS) dari SUN, Mezzo, Proyek Looking Glass, ROX Desktop, UDE, Xito, Xfast.
Adalagi Pengelola jendela (window manager) yang dapat berdiri sendiri tanpa menggunakan lingkungan desktop namun menggunakan komponen-komponen yang fungsinya mirip dengan lingkungan desktop, seperti Enlightenment.Juga Window Maker dan Afterstep, yang keduanya menggunakan fitur GUI dari NEXTSTEP.
Selain itu, juga ada turunan Workbench (lingkungan desktop dari sistem operasi Amiga, yang dipakai AmigaOS 4.0, MorphOS dengan lingkungan desktop Ambient, ScalOS, AROS dengan ZUne sebagai lingkungan antarmuka, dll.
Ada pula Workplace Shell pada IBM OS/2 atau eComStation.
Proyek BumpTop adalah DE eksperimen dengan pendekatan tiga dimensi menampilan meja kerja maya (virtual) sehingga dokumen-dokumen dapat diatur bagaikan di atas meja kerja sesungguhnya.

1. Desktop GNOME 

Berkas:Gnome-2.20-screenshot.png

2. Desktop KDE

Berkas:KDE 4.png

3. Desktop Xfce

Berkas:Xfce-4.4.png

4. Desktop EDE

Berkas:102shot xft1.png

5. Desktop Etoile

Berkas:Etoiledock.png

6. Desktop Enlightenment

Berkas:ImageFuture.png

7. Desktop Window Maker

Berkas:Wmaker-0.80.2.png

8. Desktop XFast

Berkas:Xfast03.gif

9. Desktop Workbench

Berkas:AmigaOS4.png

F. Hasil yang Didapatkan
   Lebih memahami tentang sejarahnya,pengertiannya, dan jenis-jenis desktop yang ada.
G. Temuan Masalah
    Selama pembelajaran ini belum ada masalah.
H. Kesimpulan
    Jadi os kita itu bisa diganti Desktop sesuai dengan keinginan kita.
I. Referensi dan Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi DNS SERVER

NAMA            :   Ibnu Aji Bagus Purnama KELAS            :   XI TKJ 2 MAPEL           :   SISTEM OPERASI JARINGAN KONFIGU...