Rabu, 02 Agustus 2017

TUTORIAL INSTALLASI LINUX MINT 18.1

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.



 


A.Pengertian 
       Distro turunan debian dan ubuntu yang disebut-sebut sebagai distribusi linux out off the box. Mint berasal dari Irlandia. Adalah Clement Levebvre sebagai bapak mint.Tujuan Linux Mint adalah memproduksi sistem operasi yang modern, elegan, dan nyaman yang powerfull sekaligus mudah digunakan. Mint merupakan salah satu distro paling populer didunia bersama ubuntu. Mint menyertakan codec multimedia dalam CD installasinya sehingga pengguna dapat memutar MP# dan Adobe Flash. Mint memang beda dengan distro lain ketika ia memiliki tim tersendiri untuk membuat aplikasi-aplikasi khusus untuk mint.
B.Alat dan Bahan
     -iso linux mint 18.1 berupa CD/DVD/Flashdisk
     -laptop
     -panduan teman ( jika belum bisa )
C.Langkah-langkah 
      1.  Setelah file .ISO didapat, burn, dan boot via DVD atau USB flashdrive.Jangan lupa set booting dengan USB/DVD pada BIOS/UEFI. Setelah sukses terdeteksi maka tampilan boot menjadi seperti di bawah ini.

 

2.Lanjutkan dengan memilih Start Linux Mint, dan tak lama kemudian Anda akan masuk ke desktop seperti gambar.

 

3. Untuk menginstal OS ke harddisk, jalankan setup “Install Linux Mint” yang ada di desktop.  Pertama Anda akan diminta untuk memilih bahasa. Boleh saja menggunakan bahasa Indonesia, tapi  kadang ada beberapa yang tidak diterjemahkan, bisa dibilang kurang sempurna.  

 

4. Selanjutnya adalah pilihan opsional, apakah Anda ingin menginstal konten multimedia? Beri  tanda cek bila Anda terkoneksi dengan internet. Abaikan bila tidak. Tapi Anda tidak bisa mutar file  audio dan video. Konten tersebut bisa Anda download nanti secara manual. 

 

5. Dilajutkan dengan memilih jenis instalasi, dalam tutorial ini saya lebih suka memilih “Something else” atau costum install.
  
   
Masih dalam Installation Type, tahap partisi Harddisk. Ada empat partisi penting dalam linux
  1.“/” tanda garis miring (slash) dikenal dengan root, partisi ini merupakan rumah si Linux seperti halnya folder Windows di partisi (C:). Sesuaikan size dengan kebutuhan. 
  2.“/boot” Partisi khusus untuk file boot loader. Partisi ini berguna untuk dual boot atau bila OS mengalami masalah maka file boot akan tetap aman dan OS akan tetap berusaha masuk ke desktop. Berbeda dengan file windows boot yang berada di partisi (C:) bila partisi tersebut bermasalah maka tidak akan mau masuk ke desktop bahkan bisa gagal booting atau restart terus menerus. 
  3.“/swap” Partisi yang dikhusukan untuk menampung memory sementara (background) kalau di windows Virtual Memory atau Page file. Dan aturannya masih sama 2x kali dari total RAM. 
  4.“/home” Partisi ini merupakan tempat penyimpanan si pengguna, mirip seperti folder My Document atau partisi (D:) bila Anda sudah memiliki partisi lain untuk menyimpan file, maka bisa melewati partisi ini. Tetapi jika Anda menginstal ulang Linux maka file atau aplikasi yang tersimpan didalam /home akan terhapus, karena folder /home akan masuk di partisi Root.
   6. Harddisk dalam keadaan belum terpartisi, klik “new partition” dan muncul peringantan klik  “continue” dilanjutkan dengan tombol “+” untuk membuat partisi dan muncul dialog create  partition. Bila Anda sudah menyiapkan partisi untuk linux.
     

 











Menentukan partisi untuk linux mint
  • Size. ukuran dalam Megabyte (1024MB = 1GB)
  • Type for partition. Pilih primary bila harddisk yang digunakan memiliki Size kecil. Bila tidak pilh Logical karena bisa melakukan lebih dari empat partisi.
  • Location partition. Abaikan saja, hanya untuk merapikan daftar partisi.
  • Use as. Pilih keperluan partisi lihat kembali paragraf diatas tentang empat partisi penting Linux.
  • Ulangi langkah di atas untuk membuat partisi yang lain seperti /, /boot, /home.
  
                                            

  8. Terakhir pilih lokasi boot loader. Bila Anda membuat partisi /boot maka pilih partisi tersebut.  Anda bisa menginstall boot loader di root harddisk (dev/sda). Atau di partisi root (/dev/sda5)  sayangnya ini akan mengakibatkan konflik bila ada OS lain terinstal yang terlebih dahulu, jangan  khawatir ada solusinya.


   9. Jangan asal klik tombol “Install Now” bila posisi pilihan (highlight) partisi harddisk masih  di root harddisk (/dev/sda) maka OS akan menginstall di seluruh harddisk dan OS atau data  sebelumnya otomatis terhapus! klik partisi root (/dev/sda5) terlebih dahulu lalu klik “Install Now”.  Periksa kembali partisi yang dibuat jika sudah yakin klik “continue”.
 




    10. Semenjak anda mengeklik tombol Install now tadi,proses instalasi sudah dimulai! Sekarang Anda akan melakukan sedikit konfigurasi
Konfigurasi zona waktu

Konfigurasi layout keyboard di Indonesia umumnya menggunakan layout English (US).
Konfigurasi layout keyboard di Indonesia umumnya menggunakan layout English (US).
Membuat akun dengan password di linux itu harus!
Dari pada begong mending baca slideshow
Restart dan selesai




    11. Bagi Anda yang melewaktan konten multimedia bisa download secara resmi dengan syarat terhubung ke internet. Cara paling mudah adalah dengan update setelah selesai instal, seperti gambar.

melalui welcome screen
alternatif bila welcome screen tidak muncul yaitu melalui menu 
 Kesimpulan 

    Dalam menginstall linux ini kita harus bisa dan teliti dalam membagi partisi, karena jika terjadi kesalahan dalam membagi partisi bisa saja instalasinya  gagal.
=>> selamat mencoba . . .
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi DNS SERVER

NAMA            :   Ibnu Aji Bagus Purnama KELAS            :   XI TKJ 2 MAPEL           :   SISTEM OPERASI JARINGAN KONFIGU...