Rabu, 16 Agustus 2017

Kabel UTP STRAIGHT & CROSSOVER

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

      pada hari ini, awal saya memulai kegiatan baru, untuk memulainya, saya perlu menyiapkan suatu hal yaitu Kabel UTP. 

Image result for UTP 
A. Judul
STRAIGHT & CROSSOVER
B. Pengertian
     Kabel UTP adalah kabel yang digunakan ntuk menghubungkan suatu perangkat ke Laptop/PC untuk keperluhan suatu hal.

C. Waktu yang Dibutuhkan
     Untuk membuat kabel tersebut membutuhkan waktu 5 - 10 menit.

D. Alat dan Bahan

  • Crimping
  • Kabel UTP
  • Gunting
  • Konektor RJ45

E. Langkah Pembuatan

     1. Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Pada kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung lainnya, dan seterusnya.
Jadi, ketika PC mengirim data pada pin 1 dan 2 lewat kabel straight ke Switch, Switch menerima data pada pin 1 dan 2. Nah, karena pin 1 dan 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan 2 pada PC, maka Switch menggunakan pin 3 dan 6 untuk mengirim data ke PC, karena PC menerima data pada pin 3 dan 6.


     2. Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer lain,atau kabel ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.
Pada gambar, pin 1 dan 2 di ujung A terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung B, begitu pula pin 1 dan 2 di ujung B yang terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung A. Jadi, pin 1 dan 2 pada setiap ujung kabel digunakan untuk mengirim data, sedangkan pin 3 dan 6 pada setiap ujung kabel digunakan untuk menerima data, karena pin 1 dan 2 saling terhubung secara berseberangan dengan pin 3 dan 6

F. Kesimpulan

     Setelah membuat kabel UTP ,kita dapat melakukan suatu hal misalnya : mengkonfigurasi routerboard, membangun jaringan P2P.

G. Referensi


https://sites.google.com/site/tetystmik/kabel-utp-straight-dan-cross


Apabila ada kesalahan saya mohon maaf, Terimakasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi DNS SERVER

NAMA            :   Ibnu Aji Bagus Purnama KELAS            :   XI TKJ 2 MAPEL           :   SISTEM OPERASI JARINGAN KONFIGU...